3.12.2009

Matematika Pasti Menyenangkan Kalau...

Betapa indahnya hari ini... Sampai hari ini, aku belum pernah merasakan matematika yang semanis ini, slurp...ah...lezat...andai di hari yang lain selalu seperti ini...
Mau tau kenapa? Yah...mungkin cuma kebetulan...udah rezekinya gitu. 
Saat jam pelajaran mtk, Pak Dudung membahas soal-soal yang ada di buku. Waktu mau menjelaskan suatu soal, tiba-tiba beliau kebingungan. Wew, pemandangan yang belum pernah terjadi selama mengajar di kelasku. Beliau tahu jawabannya, tapi bingung untuk menulis rumusnya. Dan...seisi kelas jadi sibuk mencari permecahannya, aku pun tak ketinggalan.
Krusak krusuk...aku mencoba-coba mensubstitusikan angka demi angka, hem...pusing! Tapi, tetep dilanjutkan...
Semua ini memakan waktu yang cukup lama, sampai akhirnya... Jreng jreng jreng...ketemu! Pas banget sesaat setelah Pak Dudung mengumumkan sayembara, "Barang siapa yang berhasil menemukan rumusnya, maka akan Bapak beli'in bakso! Eh, sama teh botolnya juga deh!". Tentunya kesempatan seperti ini takkan kusia-siakan, karena...jarang-jarang lho seorang Pak Dudung ngumumin sayembara dan anak-anak super komputer mtk belum menemukan hasilnya.
Aku maju menghadap Pak Dudung...lalu menuliskan hasil jerih payahku di atas permukaan papan tulis. Hosh...hosh...hosh...capek euy nulisnya! Cara yang kupakai memang tidak singkat, karena tak ada yang lebih pendek lagi. Selesai deh...
Setelah dicek...dicek...ups, langkah terakhirnya salah, yah...apakah hadiah utamanya akan hilang begitu saja? Ah, gapapa...yang penting sudah berusaha, meski sedikit sedih, hiks. Untungnya tidak, Pak Dudung memenuhi janjinya, memberiku sejumlah uang untuk membeli bakso, tapi minus teh botol karena jawabannya kurang sempurna... But...it's OK! Yang penting, kerja kerasku telah dihargai...baik dalam arti konotasi maupun arti denotasi, hehe.
Wah...kalo tiap pelajaran mtk kayak gini terus, khususnya kalo Pak Dudung kebingungan terus setiap mau menjelaskan soal, bisa-bisa anak muridnya berkantong penuh dengan duit dan semangat salalu dalam belajar mtk, yeeiy!!

Tidak ada komentar: